Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel

Aku tak tahu judul apa yang paling tepat untuk tutorial ini. Tapi kronologinya seperti ini :
Dalam satu folder terdapat banyak pengguna, dan tiap tiap pengguna menginginkan setiap yang diinput masuk dalam sebuah rekapitulasi yang telah disediakan.
Gambar :
Nomor 1 : menunjukan Nama sebuah Folder disini dibuat nama"data" bisa kalian ubah sesuai keinginan.
Nomor 2 : pengguna, disini dibuat dua pengguna yaitu pengguna1 dan pengguna2, untuk memudahkan tutorial, kalian bisa menambahnya sendiri
Nomor 3 : adalah file rekapitulasi dengan aku kasih nama "rekap.xlsx" 
Sipnosisnya :
Jika pengguna1 menginputkan sebuah data, maka akan secara otomatis masuk kedalam file "rekap", itu juga terjadi pada pengguna2.
caranya :
pertama:
buat folder dengan nama "data" ( bisa nama lain sesuai kebutuhan)
kedua :
buatlah 3 file dengan nama  (1) File Rekap  (2) pengguna1  (3) pengguna2
Buka pada file "pengguna1"
- Pada Range (A1) Ketik "nama"  dan (B1) ketik "alamat"
   
 - Buka Tab Developer ( Jika di excel kalian belum muncul Tab Developer, Kalian bisa mengaktifkannya dulu tutorialnya disini
- Pilih " Visual Basic"  lalu Pilih "Insert => UserForm
- Buatlah Form kurang lebih seperti ini :
 (gambar form ini, meliputi 3 label, 2 TextBox dan 1 CommonButton )
- Klik tombol simpan ( jika sudah keluar jendelanya, ketik rumus berikut :
----------------------------------------------------------------
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim rc As Long
Dim fileku As String
Dim wb As Workbook

Application.ScreenUpdating = False
fileku = ActiveWorkbook.Path
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count 'menghitung jumlah baris yang ada

With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value 'baris akhir kolom A yang kosong, sama dengan nilai textbox nama
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value 'baris akhir kolom B yang kosong, sama dengan nilai textbox barang
End With
ThisWorkbook.Save
Workbooks.Open fileku & "\" & "rekap.xlsx" 'buka workbook rekap
Set wb = ActiveWorkbook
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value
.Offset(rc, 2).Value = Left(ThisWorkbook.Name, Len(ThisWorkbook.Name) - 4) 'nama dari workbook yang entry
End With

wb.Save
wb.Close 'tutup workbook master
Application.ScreenUpdating = True
Unload Me
UserForm1.Show
End Sub

--------------------------------------------------------------------------------

Tulisan block warna merah menunjukan nama file rekap, ubah sesuai dengan nama file kalian.
selanjutnya>>>>>
Klik Insert => Module
Masukan rumus berikut :
-----------------------------------------
Sub OpenForms()
   UserForm1.Show
End Sub

-----------------------------------------
Klik SIMPAN.
setelah itu buka kembali file pengguna1
- masih pada Tab Developer > Klik Insert
- Pilih Tombol Button
- Drag dimanapun kalian sesukanya..
- secara otomatis akan muncul kotak record macro seperti ini :
- Pilih "OpenForms"
- Klik OK
--------------------------------------------------------------------------

Perlakukan hal sama pada Pengguna2

File Uda Siap dipakai
--------------------------------------------------------------------------
Contoh Filenya bisa didownload disini

1 comment :

Reader's Comments

  1. pada saat yg bersamaan apakah bisa pengguna1 & pengguna2 input data dgn 2 komputer yg berbeda?

    ReplyDelete