Mengitung Nilai Rata-Rata Siswa Dengan Fungsi AVERAGEIF Pada Excel

Pada kesempatan ini akan mencoba menghitung nilai rata-rata siswa dengan fungsi AVERAGEIF pada Microsoft Excel, Jika pada fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sederetan argumen, maka fungsi AVERAGEIF pada nilai rata-rata siswa dihitung berdasarkan kriteria tertentu, kriteria disini berdasarkan data jenis kelamin siswa.
Untuk lebih jelasnya bagaimana penggunaan fungsi AVERAGEIF yang diaplikasikan untuk mengitung nilai rata-rata siswa, berikut langkah-langkahnya.
Buat data nilai seperti berikut.




Untuk mengisi Nilai Rata-Rata pada cell E13 cukup mengetikan rumus =AVERAGE(E3:E12).



Lalu untuk mengisi Nilai Rata-Rata Perempuan dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF pada cell E14 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12,”Perempuan”,E3:E12), hasilnya seperti berikut.



Lalu untuk mengisi Nilai Rata-Rata Perempuan dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF pada cell E14 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12,”Laki-Laki”,E3:E12), hasilnya seperti berikut.



Penjelasan fungsi AVERAGEIF :
Fungsi AVERAGEIF pada dasarnya mengembalikan nilai rata-rata dari semua cell dalam range yang memebuhi kriteria tertentu. Sintaks rumus lengkap AVERAGEIF yakni :
AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])
Dimana sintaks fungsi AVERAGEIF memiliki argumen berikut:
  • Range, Satu atau beberapa sel yang akan dihitung rata-ratanya, termasuk angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka.
  • Criteria, Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya. Misalnya, criteria dapat dinyatakan sebagai 32, “32″, “>32″, “apel”, atau mendefinisikan kolom cell.
  • Average_range, Kumpulan cell yang akan dihitung rata-ratanya. Jika dikosongkan, maka range digunakan.
Demikian pembahasan mengenai fungsi AVERAGEIF yang diaplikasikan pada contoh kasus menghitung nilai rata-rata siswa, semoga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan fungsi AVERAGEIF pada Microsoft Excel.

sumber : Microsoft Excel

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...